~~~Haris Info~~~

Foto saya
barabai, kalimantan Selatan, Indonesia
AKU SUKA DENGAN HAL YANG BARU

Minggu, 09 Oktober 2011

Komputer dan Masyarakat

I.) Perkembangan Komputer dalam satu abad ini begitu cepat, dan tak terkendali bahkan melebihi dari perkembangan manusia yang menciptakan teknologi tersebut. Contoh perkembangan untuk sebuah hardware dan software itu hanya membutuhkan kurang dari satu tahun, sedangkan perkembangan manusia dan anak-anak ke remaja membutuhkan minimal 10 tahun begitu juga dari remaja ke dewasa atau kemampuan anak dari baru mampu berdiri sampai berlari itu membutuhkan waktu yang lama. Apabila kita sadar ketika suatu perkembangan baru muncul maka kita akan secara langsung maupun tidak langsung akan mendapatkan dampak yang hebat. Baik itu bermanfaat atau malah merugikan.
Internet adalah sebuah teknologi hasil perkawinan perkembangan teknotogi komputer dengan teknologi informasi dimana kedua teknologi tersebut pada intinya sudah ada, tetapi terkadang awam menanggapi teknotogi komputer yang terkini adalah internet, hal ini tidak salah tetapi tidak tertalu benar karena teknologi komputer adalah teknologi digital. Perkembangan teknologi digitalpun bukan hanya komputer tetapi sudah banyak teknologi yang diciptakan secara digital. Dengan lahirnya internet terjadi perubahan disemua sektor begitu cepat sehingga untuk memberikan ataupun meminimalisasi akan kecolongan. Ada beberapa hal-hal yang kehidupan masyarakat yang berubah dari lahirnya internet;
1. Dunia Usaha
Ketika belum lahirnya internet, mungkin Budi Sudarsono sebagai pemilik Detik.com tidak pernah berpikiran bahwa dia akan menjadi salah satu dari 100 orang terkaya di Indoneisa. Dan masih banyak lagi pengusaha-pengusaha baru yang lahir dan jenis perdagangan baru yang muncul.
2. Sumber Informasi
Pada saat ini, setiap orang dapat dengan mudah untuk menjadi sumber ataupun mencari sumber informasi, karena tak terbatasnya jaringan komputer yang terkoneksi dengan komputer yang lain.
3. Promosi
Setiap orang dapat mempromosikan apa pun, bahkan mempopulerkan diri.
4. Kejahatan Baru
Para ahli hukum harus bekerja lebih keras dalam mendeskripsikan suatu kesalahan seseorang karena kejahatan yang dilakukan melalui internet belum dapat didefinisikan, contoh seorang Cracker (Hacker dalam pengertian negatif..red) mengambil data orang lain. Apakah dia dapat dikategorikan penjahat/maling? Padahal kalau maling harus ada saksi dan bukti. Dsb.

II.) Komputer dan masyarakat merupakan sebuah studi tentang bagaimana pemanfaatan komputer di berbagai aspek kehidupan di masyarakat (sosial komputer), bagaimana komputer memberi pengaruh, bahkan membentuk budaya atau tren baru pemanfaatan komputer pada berbagai bidang

III.) Perkembangan komputer tidak berbeda dengan teknologi lain (kereta, pesawat, telepon, televisi dll), yang berbeda hanya pada kecepatan perkembangan teknologi
Dalam waktu kurang dari 3 dasawarsa komputer berkembang dari ukuran besar (berat puluhan ton) sampai berukuran kecil dengan kemampuan besar, mis: mikroprocessor sbg pengendali produk teknologi lain seperti peluru kendali, kamera, pc dan perakitan otomatis di industri
Penggunaan komputer meluas pada berbagai bidang, pendidikan, kantor, bisnis maupun di rumah.
Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi.

Contoh pengaruh terhadap bidang pekerjaan :
1. Penyiapan surat-menyurat sampai arsip dilakukan dengan bantuan komputer.
2. Penggunaan komputer dalam bidang animasi untuk membantu pembuatan film kartun dengan memanfaatkan kemajuan-kemajuan dalam bidang grafika dan pengolahan citra.
3. Pemanfaatan komputer di perpustakaan untuk membantu pemakai dalam menelusuri indeks subjek dan indeks pengarang. Jumlah informasi yang disimpan di perpustakaan cenderung membesar dari waktu ke waktu, sehingga tanpa bantuan komputer pencarian informasi akan semakin sulit dilakukan.
4. Penggunaan komputer di rumah-rumah sakit semakin berkembang. Tanpa dukungan layanan administrasi yang memadai, mutu pelayanan medis tidak akan optimal, disebabkan banyaknya pasien dan sifat berulangnya pengobatan pasien. Selain itu komputer dapat dimanfaatkan untuk menganalisis kasus berdasarkan data yang telah disimpan.
5. Pemesanan tiket pesawat. Hampir seluruh penerbangan internasional telah menerapkan fasilitas ini. Komputer membantu dalam menempatkan pesanan tiket pada jadwal yang diminta, perubahan jadwal , perubahan pesanan sampai pada penentuan penerbangan.
6. Administrasi negara juga sudah sejak beberapa tahun lalu memanfaatkan jasa komputer. Misalnya administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan dll. Dinegara maju, cakupan aplikasi bidang administrasi sudah sangat luas sehingga jumlah data yang disimpan mencapai milayaran karakter atau huruf dan melibatkan penggunaan ratusan komputer sekaligus.
7. Penggunaan komputer dalam bidang industri sudah lama dimanfaatkan dinegara-negara maju, pada umumnya berfungsu sbg pengendali proses produksi memanfaatkan kemampuan dan ketelitiannya yang tinggi.
Komputer juga menghasilkan Isu Sosial pada masyarakat , antara lain :
Positif :
komunikasi yang lebih baik
transportasi yang lebih cepat dan lebih aman
penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat dan akurat
efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja
Negatif:
Munculnya ketakutan masyarakat bahwa manusia akan menjadi budak mesin dan terancamnya penggantian tenaga manusia dengan mesin.

sumber : http://marcgaret.blogspot.com/2011/09/artikel-komputer-dan-masyarakat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar