~~~Haris Info~~~

Foto saya
barabai, kalimantan Selatan, Indonesia
AKU SUKA DENGAN HAL YANG BARU

Jumat, 17 Juli 2009

Penggunaan GOOGLE TALK

Bisa Chatting Lewat Gmail
Google tambahkan fitur baru di Gmail sehingga penggunanya langsung terhubung ke layanan instant messaging (IM). Dengan layanan baru ini, pengguna Gmail memiliki alternatif untuk melakukan chatting maupun menyimpan rekamannya tanpa harus menjalankan Google Talk (Gtalk).
Di dalam jendela Gmail, akan ditambahkan menu Chats yang berisi rekaman chatting. Penggunanya dapat mengaktifkan menu ini untuk menyimpan setiap pembicaraan atau menutupnya.

Selain itu, juga tersedia menu Quick Links berisi daftar rekan-rekan dalam jaringan IM yang aktif maupun tidak layaknya dalam jendela Gtalk. Untuk mengajak chatting, klik nama yang dituju dan akan keluar jendela chatting.

Fasilitas ini langsung ditambahkan ke setiap jendela Gmail sejak 7 Februari. Namun para pengguna Gmail baru dapat memanfaatkan fasilitas ini dalam dua hingga tiga minggu berikutnya.

"Dari pengamatan terhadap para pengguna layanan kami, pesan IM dan email tidak ada bedanya," kata Salar Kamangar, wakil presiden Google. Meskipun demikian, Gtalk tetap memiliki kelebihan karena dapat digunakan untuk komunikasi suara.

Penambahan fitur Gmail Chat merupakan cara Google untuk menarik lebih banyak pengguna layanan IM dan emailnya. Analis berpendapat bahwa langkah ini adalah upaya Google untuk mengarahkan pengguna Gmail untuk menggunakan Gtalk. "Ini adalah cara untuk memperkenalkan instant messaging kepada populasi yang lebih luas dengan menginformasikan Google Talk," kata Greg Sterling dari Kelsey Group.

Kehadiran Google dalam layanan email maupun IM tergolong terlambat dibandingkan rivalnya Yahoo, AOL, dan Microsoft. Sampai sekarang, layanan-layanan tersebut masih dalam status beta. Berdasarkan survai Nielsen/Netratings, pengguna Gtalk masih jauh di bawah AOL, Yahoo, maupun MSN. Pengguna Gtalak sekitar 866 ribu, sedangkan AOL Messenger mencapai 53 juta, MSN Messenger 27 juta, dan Yahoo Messenger 22 juta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar